Assalamu'alaikum......Welcome to my blog..............

THIS IS ME...........
HALIMATUS SA'DIYAH

Selasa, 23 November 2010

"TALK-inc.points"

1. "To speak n to speak well are two things. A fool may talk, but a wise man speaks"(Ben Jonson),
2. "Thinking's not driven by the answers but by the questions"(Anonim)
3. "How well we communicate is determined not by how well we say things, but by how well we understood"(Andy Grove,co-founder Intel)
4. "Ur name's Ur brand, so guard it with Ur life"(Rachel Ray)
5. "Everything becomes a little different as soon as it is spoken out loud"(Hermann Hesse)
6. "The brain starts working the moment U're born n never stop until U stand up n speak in public"(Anonim)
7. "The difference between a smart man n a wise man is that a smart man knows what to say,a wise man knows whether or not to say it"(Frank M.Garafola)
8. "Be careful of Ur thoughts: they may become words at any moment. Don't speak unless, U can improve on the silence"(Anonim)
9. "To be able to ask a question clearly is two- thirds of the way to getting it answered"(John Ruskin)

kesetaraan satuan dalam matematika yang sering q lupa

1 lustrum=5 thn,
1 ton=10 kw,
1 kg=10 hg=10 ons,
1 hm2=1 ha,
1 dam2=1 are,
1 l=10 dl=100 cl=1000 ml=1 dm3,
1 cc=1 cm3,...

5 kbutuhan manusia mnurut Abraham Maslow...(dlm piramida needs...)

1.physical needs...
2.safety needs...
3.love needs...
4.exteem needs...
5.self actualization needs...

Minggu, 07 November 2010

praktikum ipa pgsd klm pgsd






PRAKTIKUM IPA ( BIOLOGI ) PGSD
LKM PGSD

Keanekaragaman Tumbuhan



 










Disusun oleh :
Kelompok 1
Febri Dispredicta        ( 080210204010 )
Hesti Aulia                  ( 080210204018 )
Halimatus Sa’diyah     ( 080210204025 )
Tyas April Lia             ( 080210204044 )
Putri Firdaus Alami     ( 080210204050 )
Siti Shofiah                 ( 080210204057 )



PROGRAM STUDI S 1 PGSD
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS JEMBER
2009
  








PRAKTIKUM IPA ( BIOLOGI ) PGSD
LKM PGSD

NO.3                                                                                                   KELP.1

Nama Anggota Kelp :
Febri Dispredicta        ( 080210204010 )
Hesti Aulia                  ( 080210204018 )
Halimatus Sa’diyah     ( 080210204025 )
Tyas April Lia             ( 080210204044 )
Putri Firdaus Alami     ( 080210204050 ) 
Siti Shofiah                 ( 080210204057 )


I. Nama MK               : Praktikum IPA
   Semester                  : III / Gasal 2009 / 2010
   Topik                       : Keanekaragaman Tumbuhan
   Waktu Kegiatan     : Senin, 12 Oktober 2009

II. Tujuan                  : Mempelajari Morfologi Berbagai Macam Tumbuhan di              Lingkungan Kampus.

III. Alat                      : Penggaris

IV. Cara Kerja          :
  1. Tentukan 10 jenis tumbuhan yang akan diamati
  2. Amatilah morfologinya, kemudian isilah tabel sesuai hasil pengamatan yang telah dilakukan.
  3.  
V. Tabel pengamatan :

Habitus / sosok
( pohon, perdu, semak, terna )
Batang
Daun
Sistem Perakaran
Lain- lain jika ada
1. Mangifera indica
( pohon )
-tinggi : lebih dari 3 m.
-jenis : kayu
-warna : coklat
-permukaan : pecah memanjang
-p= 28,5 cm & l=7,5 cm
-bentuk lonjong
-tulang daun : menyirip
-permukaan : halus
tunggang
Memiliki buah yang dapat dimakan.
2. Mimosa pudica
( terna )
-tinggi : 6 cm
-jenis : terna
-warna : coklat kemerahan
-permukaan : kasar berduri
-p= 1 cm & l=0,3 cm
-bentuk sudip
-tulang daun : menyirip
-permukaan : halus dan berbulu
serabut
Memiliki bunga yang berwarna merah muda.
3. Sansiviera sp.
( terna )
-tinggi : 55 cm
-jenis : terna
-warna : hijau tua
-permukaan halus
-p=55 cm & l=4,2 cm
-bentuk pita
-tulang daun sejajar
-permukaan : halus
serabut
-
4. Oxalis
( terna )
-tinggi : 4 cm
-jenis : terna
-warna : hijau
-permukaan : halus
-p= 1 cm & l=1,5 cm
-bentuk jantung terbalik
-tulang daun : melengkung
-permukaan : halus
serabut
Daun majemuk, tiap tangkai ada 3.
5. Cyperus rotundus
( terna )
-tinggi : 3cm
-jenis : terna
-warna : coklat
-permukaan : halus
-p= 25 cm & l=0,6 cm
-bentuk pita
-tulang daun : sejajar
-permukaan : halus
serabut
-
6. Hanjuang pleomele
( pohon )
-tinggi : 4,5cm
-jenis kayu
-warna : coklat
-permukaan : pecah tidak beraturan
-p= 65cm & l=8,3 cm
- bentuk pita
-tulang daun sejajar
-permukaan : halus
tunggang
-
7. Sri Tanjung
( terna )
-tinggi : 45cm
-jenis : terna
-warna : hijau
-permukaan : halus
-p= 25 cm & l=13 cm
-bentuk memanjang
-tulang daun : menyirip
-permukaan : halus
serabut
Memiliki bunga yang berwarna hijau.
8. Casurina junghuniana
( pohon )
-tinggi : lebih dari 3 m.
-jenis : kayu
-warna : coklat
-permukaan : pecah memanjang
-p= 0,5 cm & l=0,1 cm
-bentuk bangun paku
-tulang daun : : sejajar
-permukaan : halus
tunggang
Alat reproduksi strobilus.
9.
( terna )
-tinggi : 1,25 cm
-jenis : kayu
-warna : hijau
-permukaan : halus
-p= 35 cm & l=12 cm
-bentuk sudip
-tulang daun : menyirip
-permukaan : kasar
serabut
Memiliki bunga yang bermahkota merah.
10. Piper betle L.
( pohon )
-tinggi : 1.5 cm
-jenis : kayu
-warna : coklat
-permukaan : kasar
-p= 15 cm & l=4 cm
-bentuk jantung
-tulang daun :
-permukaan : halus
tunggang
-


VI. Diskusi

  1. Bagaimana variasi habitus dan jenis batangnya ?

1. Mangifera indica ( pohon )                                     2. Mimosa pudica ( terna )
-tinggi : lebih dari 3 m.                                                -tinggi : 6 cm
-jenis : kayu                                                                 -jenis : terna
-warna : coklat                                                                        -warna : coklat kemerahan
-permukaan : pecah memanjang                                  -permukaan : kasar berduri

3. Sansiviera sp. ( terna )                                             4. Oxalis ( terna )
-tinggi : 55 cm                                                             -tinggi : 4 cm
-jenis : terna                                                                 -jenis : terna
-warna : hijau tua                                                        -warna : hijau
-permukaan halus                                                        -permukaan : halus

5. Cyperus rotundus ( terna )                                      6. Hanjuang pleomele( pohon )
-tinggi : 3cm                                                                -tinggi : 4,5cm
-jenis : terna                                                                 -jenis  : kayu                                       
-warna : coklat                                                            -warna : coklat
-permukaan : halus                                                      -permukaan : pecah tidak beraturan

7. Sri Tanjung ( terna )                                                8. Casurina junghuniana( pohon )
-tinggi : 45cm                                                              -tinggi : lebih dari 3 m
-jenis : terna                                                                 -jenis : kayu
-warna : hijau                                                              -warna : coklat
-permukaan : halus                                                      -permukaan : pecah memanjang

9.                                 ( terna )                                    10. Piper betle L.( pohon )     
-tinggi : 1,25 cm                                                          -tinggi : 1.5 cm
-jenis : kayu                                                                 -jenis : kayu
-warna : hijau                                                              -warna : coklat
-permukaan : halus                                                      -permukaan : kasar

  1. Bagaimana variasi daunnya ?

1. Mangifera indica ( pohon )                                     2. Mimosa pudica ( terna )
-p= 28,5 cm & l=7,5 cm                                              -p= 1 cm & l=0,3 c
-bentuk lonjong                                                           -bentuk sudip
-tulang daun : menyirip                                               tulang daun : menyirip
-permukaan : halus                                                      -permukaan : halus dan berbulu                                 
3. Sansiviera sp. ( terna )                                             4. Oxalis ( terna )
-p=55 cm & l=4,2 cm                                                  -p= 1 cm & l=1,5 cm
-bentuk pita                                                                 -bentuk jantung terbalik
-tulang daun sejajar                                                     -tulang daun : melengkung
-permukaan : halus                                                      -permukaan : halus

5. Cyperus rotundus ( terna )                                      6. Hanjuang pleomele( pohon )
-p= 25 cm & l=0,6 cm                                                 -p= 65cm & l=8,3 cm
-bentuk pita                                                                 - bentuk pita
-tulang daun : sejajar                                                   -tulang daun sejajar
-permukaan : halus                                                      -permukaan : halus

7. Sri Tanjung ( terna )                                                8. Casurina junghuniana( pohon )
-p= 25 cm & l=13 cm                                                  -p= 0,5 cm & l=0,1 cm
-bentuk memanjang                                                     -bentuk bangun paku
-tulang daun : menyirip                                               -tulang daun : : sejajar
-permukaan : halus                                                      -permukaan : halus

9.                                 ( terna )                                    10. Piper betle L.( pohon )     
-p= 35 cm & l=12 cm                                                  -p= 15 cm & l=4 cm
-bentuk sudip                                                              -bentuk jantung
-tulang daun : menyirip                                               -tulang daun :
-permukaan : kasar                                                      -permukaan : halus

  1. Bagaimana variasi sistem perakarannya ?

1. Mangifera indica ( pohon )                                     2. Mimosa pudica ( terna )
            - tunggang                                                                   - serabut
3. Sansiviera sp. ( terna )                                             4. Oxalis ( terna )
            - serabut                                                                      - serabut
5. Cyperus rotundus ( terna )                                      6. Hanjuang pleomele( pohon )
            - serabut                                                                      - tunggang
7. Sri Tanjung ( terna )                                                8. Casurina junghuniana( pohon )
            - serabut                                                                      - tunggang
9.                                 ( terna )                                    10. Piper betle L.( pohon )     
           - serabut                                                                       - tunggang

VII. Kesimpulan :
            Dari data diatas, dapat disimpulkan bahwa keanakeragaman tumbuhan secara morfologi sangat variatif. Hal ini terbukti adanya perbedaan pada setiap species, baik dari habitus dan jenis batangnya, daun, sistem perakaran, dan bagian tumbuhan yang lain, seperti alat reproduksi tumbuhan.

VIII. Daftar Pustaka :
Tjiptrosoepomo, Gembong. 1988. Morfologi Tumbuhan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Tim Penyusun. 2002. PR BIOLOGI Kelas 1 SLTP. Klaten : PT. intan Pariwara
http://id.wikipedia.org/wiki/Morfologi_tumbuhan




penerapan strategi pembelajaran jigsaw

PENDAHULUAN
Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Dalam pembelajaran, guru harus memahami hakikat materi pelajaran yang diajarkannya dan memahami berbagai model pembelajaran yang dapat merangsang kemampuan siswa untuk belajar dengan perencanaan pengajaran yang matang oleh guru.
Dalam konteks penyelenggaraan ini, guru dengan sadar merencanakan kegiatan pengajarannya secara sistematis dan berpedoman pada seperangkat aturan dan rencana tentang pendidikan yang dikemas dalam bentuk kurikulum.
Kurikulum secara berkelanjutan disempurnakan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan berorientasi pada kemajuan sistem pendidikan nasional, tampaknya belum dapat direalisasikan secara maksimal. Salah satu masalah yang dihadapi dalam dunia pendidikan di Indonesia adalah lemahnya proses pembelajaran.
Berdasarkan pengamatan riil di lapangan, proses pembelajaran di sekolah dewasa ini kurang meningkatkan kreativitas siswa, terutama dalam pembelajaran ekonomi. Masih banyak tenaga pendidik yang menggunakan metode konvensional secara monoton dalam kegiatan pembelajaran di kelas, sehingga suasana belajar terkesan kaku dan didominasi oleh sang guru.
Model pembelajaran Cooperative Learning merupakan salah satu model pembelajaran yang mendukung pembelajaran kontekstual. Sistem pengajaran Cooperative Learning dapat didefinisikan sebagai sistem kerja/ belajar kelompok yang terstruktur. Yang termasuk di dalam struktur ini adalah lima unsur pokok (Johnson & Johnson, 1993), yaitu saling ketergantungan positif, tanggung jawab individual, interaksi personal, keahlian bekerja sama, dan proses kelompok.
Salah satu model pembelajaran kooperatif adalah teknik JigSaw. Teknik JigSaw dianggap cocok diterapkan dalam pendidikan di Indonesia karena sesuai dengan budaya bangsa Indonesia yang menjunjung tinggi nilai gotong royong.
PEMBAHASAN
A.                Pembelajaran Cooperative Learning 
Falsafah yang mendasari pembelajaran Cooperative Learning (pembelajaran gotong royong) dalam pendidikan adalah “homo homini socius” yang menekankan bahwa manusia adalah makhluk sosial.
Cooperative Learning adalah suatu strategi belajar mengajar yang menekankan pada sikap atau perilaku bersama dalam bekerja atau membantu di antara sesama dalam struktur kerjasama yang teratur dalam kelompok, yang terdiri dari dua orang atau lebih.
Pembelajaran kooperatif adalah salah satu bentuk pembelajaran yang berdasarkan faham konstruktivis. Pembelajaran kooperatif merupakan strategi belajar dengan sejumlah siswa sebagai anggota kelompok kecil yang tingkat kemampuannya berbeda. Dalam menyelesaikan tugas kelompoknya, setiap siswa anggota kelompok harus saling bekerja sama dan saling membantu untuk memahami materi pelajaran. Dalam pembelajaran kooperatif, belajar dikatakan belum selesai jika salah satu teman dalam kelompok belum menguasai bahan pelajaran.
Menurut Anita Lie dalam bukunya “Cooperative Learning”, bahwa model pembelajaran Cooperative Learning tidak sama dengan sekadar belajar kelompok, tetapi ada unsur-unsur dasar yang membedakannya dengan pembagian kelompok yang dilakukan asal-asalan. Roger dan David Johnson mengatakan bahwa tidak semua kerja kelompok bisa dianggap Cooperative Learning, untuk itu harus diterapkan lima unsur model pembelajaran gotong royong yaitu :
1. Saling ketergantungan positif.
Keberhasilan suatu karya sangat bergantung pada usaha setiap anggotanya. Untuk menciptakan kelompok kerja yang efektif, pengajar perlu menyusun tugas sedemikian rupa sehingga setiap anggota kelompok harus menyelesaikan tugasnya sendiri agar yang lain dapat mencapai tujuan mereka.

2. Tanggung jawab perseorangan.
Jika tugas dan pola penilaian dibuat menurut prosedur model pembelajaran Cooperative Learning, setiap siswa akan merasa bertanggung jawab untuk melakukan yang terbaik. Pengajar yang efektif dalam model pembelajaran Cooperative Learning membuat persiapan dan menyusun tugas sedemikian rupa sehingga masing-masing anggota kelompok harus melaksanakan tanggung jawabnya sendiri agar tugas selanjutnya dalam kelompok bisa dilaksanakan.
3. Tatap muka.
Dalam pembelajaran Cooperative Learning setiap kelompok harus diberikan kesempatan untuk bertatap muka dan berdiskusi. Kegiatan interaksi ini akan memberikan para pembelajar untuk membentuk sinergi yang menguntungkan semua anggota. Inti dari sinergi ini adalah menghargai perbedaan, memanfaatkan kelebihan, dan mengisi kekurangan.
4. Komunikasi antar anggota.
Unsur ini menghendaki agar para pembelajar dibekali dengan berbagai keterampilan berkomunikasi, karena keberhasilan suatu kelompok juga bergantung pada kesediaan para anggotanya untuk saling mendengarkan dan kemampuan mereka untuk mengutarakan pendapat mereka.
5. Evaluasi proses kelompok.
Pengajar perlu menjadwalkan waktu khusus bagi kelompok untuk mengevaluasi proses kerja kelompok dan hasil kerja sama mereka agar selanjutnya bisa bekerja sama dengan lebih efektif.
Format evaluasi bisa bermacam - macam, tergantung pada tingkat pendidikan siswa. Berikut ini adalah contoh dua buah format evaluasi proses kelompok untuk dua kelompok usia / kelas yang berbeda.
Contoh Evaluasi Proses Kelompok untuk Tingkat Dasar.
Evaluasi Proses Kelompok

1. Apakah kami saling membantu ?


 




                  Ya                                        Tidak

2. Apakah kami memperhatikan giliran berbicara ?



                  Ya                                        Tidak

3. Apakah kami sudah saling mendengarkan dengan baik ?




                     Ya                                          Tidak

4. Apakah kami ….. …………………..?




                     Ya                                          Tidak


Contoh Evaluasi Proses Kelompok untuk Tingkat Menengah atau Lanjutan.
Evaluasi Proses Kelompok
  1. Apakah setiap anggota kelompok berpartisipasi ?
    Selalu – Biasanya – Kadang-kadang – Jarang – Tidak Pernah –
  2. Apakah Anda ( dan rekan Anda ) sudah berusaha membantu yang lain mengutarakan pendapat ?
    Selalu – Biasanya – Kadang-kadang – Jarang – Tidak Pernah –
  3. Apakah anda sudah saling mendengarkan satu sama lain ?
    Selalu – Biasanya – Kadang-kadang – Jarang – Tidak Pernah –
  4. Apakah Anda menunujukkan tanda ( misalnya menganggukkan kepala ) bahwa Anda mendengarkan ?
    Selalu – Biasanya – Kadang-kadang – Jarang – Tidak Pernah –
  5. Apakah Anda memuji rekan yang telah bekerja baik untuk kelompok (misalnya mengungkapkan pendapatnya yang bagus) ?
    Selalu – Biasanya – Kadang-kadang – Jarang – Tidak Pernah –
  6.  Apakah ……………………………………………… ?
    Selalu – Biasanya – Kadang-kadang – Jarang – Tidak Pernah –

B.        Model Pembelajaran Inovatif Cooperative Learning
( Teknik Jigsaw )
Pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw adalah suatu tipe pembelajaran kooperatif yang terdiri dari beberapa anggota dalam satu kelompok yang bertanggung jawab atas penguasaan bagian materi belajar dan mampu mengajarkan materi tersebut kepada anggota lain dalam kelompoknya (Arends, 1997). Pertama kali dikembangkan dan diuji coba oleh Elliot Aronson dan teman – temannya di Universitas John Hopkins (Arends, 2001 ).
            Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw merupakan model pembelajaran kooperatif dimana siswa belajar dalam kelompok kecil yang terdiri dari 4 – 6 orang secara heterogen dan bekerja sama saling ketergantungan yang positif dan bertanggung jawab atas ketuntasan bagian materi pelajaran yang harus dipelajari dan menyampaikan materi tersebut kepada anggota kelompok yang lain (Arends, 1997).
Jigsaw didesain untuk meningkatkan rasa tanggung jawab siswa terhadap pembelajarannya sendiri dan juga pembelajaran orang lain. Siswa tidak hanya mempelajari materi yang diberikan, tetapi mereka juga harus siap memberikan dan mengajarkan materi tersebut pada anggota kelompoknya yang lain. Dengan demikian, “siswa saling tergantung satu dengan yang lain dan harus bekerja sama secara kooperatif untuk mempelajari materi yang ditugaskan” (Lie, A., 1994).
Pada model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw ini terdapat kelompok asal dan kelompok ahli.
Ø  Kelompok asal (oleh Aronson disebut dengan kelompok Jigsaw / gigi gergaji)  adalah kelompok induk siswa yang beranggotakan siswa yang heterogen / memiliki karakteristik yang berbeda – beda, baik dari segi kemampuan, asal, maupun latar belakang keluarga. Kelompok asal merupakan gabungan dari beberapa ahli. Jumlah anggota dalam kelompok asal ini menyesuaikan dengan jumlah bagian materi pelajaran yang akan dipelajari siswa sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

Ø  Kelompok ahli, adalah kelompok siswa yang terdiri dari anggota kelompok asal yang berbeda dan ditugaskan untuk mempelajari dan mendiskusikan pembelajaran yang sama, menyelesaikan tugas – tugas yang berhubungan dengan topik materinya, serta menyusun rencana bagaimana menyampaikan dan menjelaskan hasil diskusi tersebut kepada teman – teman dalam kelompok asalnya.
Pembelajaran kooperatif model Jigsaw ini lebih menekankan pada kemampuan proses, berpikir dan latihan, bertindak demokratis, pembelajaran aktif, saling memberi dan menerima, bekerja sama dalam memecahkan masalah, dan saling menghormati perbedaan dalam suatu kelompok / masyarakat.
           


Langkah-langkah dalam penerapan teknik Jigsaw adalah sebagai berikut :
  1. Guru membagi suatu kelas menjadi beberapa kelompok, dengan setiap kelompok terdiri dari 4 – 6 siswa dengan kemampuan yang berbeda. Kelompok ini disebut kelompok asal. Jumlah anggota dalam kelompok asal menyesuaikan dengan jumlah bagian materi pelajaran yang akan dipelajari siswa sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Misal suatu kelas dengan jumlah 35 siswa dan materi pembelajaran yang akan dicapai sesuai dengan tujuan pembelajarannya terdiri dari 5 bagian materi pembelajaran, maka dari 35 siswa akan terdapat 5 kelompok ahli yang beranggotakan 7 siswa dan 7 kelompok asal yang terdiri dari 5 siswa. Setiap anggota kelompok ahli akan kembali ke kelompok asal memberikan informasi yang telah diperoleh atau dipelajari dalam kelompok ahli. Guru memfasilitasi diskusi kelompok baik yang ada pada kelompok ahli maupun kelompok asal.
Gambar contoh pembentukan kelompok Jigsaw ( terlampir )    
  1. Setelah siswa berdiskusi dalam kelompok ahli maupun kelompok asal, selanjutnya dilakukan presentasi masing-masing kelompok atau dilakukan pengundian salah satu kelompok untuk menyajikan hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan agar guru dapat menyamakan persepsi pada materi pembelajaran yang telah didiskusikan.
  2. Guru memberikan kuis untuk siswa secara individual.
  3. Guru memberikan penghargaan pada kelompok melalui skor penghargaan berdasarkan perolehan nilai peningkatan hasil belajar individual dari skor dasar ke skor kuis berikutnya.
Dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah tidaklah selalu berjalan dengan mulus meskipun rencana telah dirancang sedemikian rupa. Hal-hal yang dapat menghambat proses pembelajaran terutama dalam penerapan model pembelajaran Cooperative Learning diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Kurangnya pemahaman guru mengenai penerapan pembelajaran Cooperative Learning.
  2. Jumlah siswa yang terlalu banyak yang mengakibatkan perhatian guru terhadap proses pembelajaran relatif kecil sehingga yang hanya segelintir orang yang menguasai arena kelas, yang lain hanya sebagai penonton.
  3. Kurangnya sosialisasi dari pihak terkait tentang teknik pembelajaran Cooperative Learning.
  4. Kurangnya buku sumber sebagai media pembelajaran.
  5. Terbatasnya pengetahuan siswa akan sistem teknologi dan informasi yang dapat mendukung proses pembelajaran.
Agar pelaksanaan pembelajaran Cooperative Learning dapat berjalan dengan baik, maka upaya yang harus dilakukan adalah sebagai berikut :
  1. Guru senantiasa mempelajari teknik-teknik penerapan model pembelajaran Cooperative Learning di kelas dan menyesuaikan dengan materi yang akan diajarkan.
  2. Pembagian jumlah siswa yang merata, dalam artian tiap kelas merupakan kelas heterogen.
  3. Diadakan sosialisasi dari pihak terkait tentang teknik pembelajaran Cooperative Learning.
  4. Meningkatkan sarana pendukung pembelajaran terutama buku sumber.
  5. Mensosialisasikan kepada siswa akan pentingnya sistem teknologi dan informasi yang dapat mendukung proses pembelajaran





KESIMPULAN DAN SARAN
Model pembelajaran Cooperative Learning tipe JigSaw sangat cocok diterapkan dalam pembelajaran Indonesia. Selain  mengandung sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia yang menjujung tinggi nilai gotong royong pembelajaran kooperatif model Jigsaw ini juga menekankan pada kemampuan proses, berpikir dan latihan, bertindak demokratis, pembelajaran aktif, saling memberi dan menerima, bekerja sama dalam memecahkan masalah, dan saling menghormati perbedaan dalam suatu kelompok / masyarakat..
Oleh karena itu, guru harus mulai mempraktekkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe JigSaw agar siswa tidak hanya mempunyai kemampuan akademik saja tetapi juga memiliki kemampuan untuk bersosialisasi dengan lingkungannya.











DAFTAR PUSTAKA
Lie , Anita. 2002. Cooperative Learning-Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta : PT. Gramedia Widiasarana.
Sudjana,N.1990.Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung : Remaja Rosdakarta.
Soelaeman,D.A.1979.Pengantar kepada Teori dan Praktek Pengajaran.Semarang : IKIP Semarang.



kerangka dasar ajaran islam

KERANGKA DASAR AJARAN ISLAM

Islam pada hakikatnya adalah aturan atau undang – undang Allah yang terdapat dalam kitab Allah dan Sunnah Rasul-Nya yang meliputi perintah dan larangan serta petunjuk supaya menjadi pedoman hidup dan kehidupan umat manusia guna kebahagiaannya di dunia dan akhirat.
Secara umum aturan itu dibagi menjadi 3 hal pokok, yaitu Aqidah, Syari’ah dan Akhlaq.

1. Aqidah
            Aqidah adalah sistem keyakinan yang mendasari seluruh aktivitas muslim. Ajaran Islam berisikan tentang apa saja yang mesti dipercayai, diyakini, dan diimani oleh setiap muslim. Karena agama Islam bersumber kepada kepercayaan dan keimanan kepada Allah swt, maka aqidah merupakan sistem kepercayaaan yang mengikat manusia kepada Islam. Seorang manusia disebut muslim jika dengan penuh kesadaran dan ketulusan bersedia terikat dengan sistem kepercayaan Islam. Karena itu, aqidah merupakan ikatan dan simpul dasar dalam Islam yang pertama dan utama.
Aqidah dibangun atas 6 dasar keimanan yang lazim disebut Rukun Iman. Rukun iman meliputi : iman kepada Allah swt, para malaikat, kitab – kitab, para Rasul, hari akhir, dan Qodlo dan Qodar. Allah berfirman dalam QS.An-Nisa’, ayat 136 yang artinya  Wahai orang yang beriman, tetaplah beriman kepaada Allah dan Rasul-Nya dan kepada kitab yang diturunkan kepada rasul-Nya serta kitab yang diturunkan sebelumnya. Barang siapa ingkar kepada Allah, malaikat-Nya, kitab-Nya, Rasul-Nya, hari Kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh- jauhnya”.
            Berdasarkan 6 fondasi tersebut, maka keterikatan setiap muslim yang semestinya ada pada jiwa setiap muslim adalah :
  1. Meyakini bahwa Islam adalah agama yang terakhir, mengandung syariat yang menyempurnakan syariat – syariat yang diturunkan Allah sebelumnya.
  2. Meyakini bahwa Islam adalah satu- satunya agama yang benar di sisi Allah. Islam dating dengan membawa kebenarana yang bersifat absolute guna menjadi pedoman hidup dan kehidupan manusia selaras dengan fitrahnya.
  3. Meyakini bahwa Islam adalah agama yang universal serta berlaku untuk semua manusioa dalam segala lapisan masyarakat dan sesuai dengasn tuntutan budaya manusia.

2. Syari’ah
            Komponen Islam yang kedua adalah syari’ah yang berisi peraturan dan perundang- undangan yang mengatur aktifitas yang seharusnya dikerjakan manusia. Syari’at adalah sistem nilai yang merupakan inti ajaran Islam. Syari’ah aatau sistem nilai Islam yang diciptakan oleh Allah sendiri. Dalam kaitan ini, Allah disebut Syaari atau pencipta hukum.
            Sistem nilai Islam secara umum meliputi 2 bidang :
  1. Syari’at yang mengatur hubungan manusia secara vertikal dengan Allah (ibadah mahdah / khusus). Disebut ibadah mahdah karena sifatnya yang khas dan sudah ditentukan secara pasti oleh Allah dan dicontohkan secara rinci oleh Allah. Dalam konteks ini, syari’at berisikan ketentuan tentang tata cara peribadatan manusia kepada Allah, seperti kewajiban shalat, puasa, zakat, haji.
  2. Syari’at yang mengatur hubungan manusia secara horizontal dengan sesama dan makhluk lainnya ( mu’amalah ). Mu’amalah meliputi ketentuan perundang- undangan yang mengatur segala aktivitas hidup manusia dalam pergaulan dengan sesamanya dan alam sekitarnya.
Adanya sistem mu’amalah ini membuktikan bahwa Islam tidak meninggalkan urusan dunia, bahkan tidak pula melakukan pemisahan terhadap persoalan dunia maupuu akhirat. Bagi Islam, ibadah yang diwajibkan Allah atas hambanya bukan sekedar bersifat formal belaka, melainkan disuruhnya agar semua aktivitas hidup dijalankan manusia hendaknya bernilai ibadah. Ajaran ini sesuai dengan ajaran Islam tentang tujuan diciptakannya manusia supaya beribadah. Allah berfirman dalam QS. Az-Zarariyat, ayat 56


Dan tiadalah Aku ciptakan jin dan manusia kecuali supaya beribadah kepada- Ku
Hubungan horizontal ini disebut pula dengan ibadah gairu mahdah / umum karena sifatnya umum, di mana Allah atau Rasul-Nya tidak memerinci macam dan jenis perilakunya, tetapi hanya memberikan prinsip dasarnya saja.

3. Akhlaq
            Akhlaq merupakan komponen dasar Islam yang ketiga yang berisi ajaran tentang perilaku atau sopan santun. Akhlaq maupun syari’ah pada dasarnya membahas perilaku manusia, tetapi yang berbeda di antaranya adalah obyek materia. Syari’ah melihat perbuatan manusia darin segi hukum yaitu : wajib, sunah, mubah, makruh, dan haram. Sedangkan aklaq melihat perbuatan manusia dari segi nilai / etika, yaitu perbuatan baik ataupun buruk.
            Akhlaq merupakan sistematika Islam, sebagai sistem, akhlaq memiliki spektrum yang luas, mulai sikap terhadap dirinya, orang lain, dan makhluk lain, serta terhadap Allah SWT.

4. Keterkaitan antara Aqidah, Syari’ah, dan Akhlaq
            Aqidah, Syari’ah, dan Akhlaq pada dasarnya merupakan satu kesatuan dalam ajaran Islam. ketiga unsur tersebut dapat dibedakan tetapi tidak bisa dipisahkan.
            Aqidah sebagai sistem kepercayaan yang bermuatan elemen – elemen dasar keyakinan, menggambarkan sumber dan hakikat keberadaan agama. Sementara syari’ah sebagai sistem nilai berisi peraturan yang menggambarkan fungsi agama. Sdangkan akhlaq sebagai sistem etika menggambarkan arah dan tujuan yuang hendak dicapai agama. Oleh karena itu, ketiga komponen tersebut seyogyanya terintegrasi dalam diri seorang muslim. Integrasi ketiga komponen tersebut dalam ajaran Islam ibarat sebuah pohon. Akarnya adalah aqidah, sementar batang, dahan, dan daunnya adalah syari’ah, sedangkan buahnya adalah aqidah. Muslim yang baik adalah orang yang memiliki aqidah yang lurus dan kuat yang mendorongnya untuk melaksanakan syari’ah yang hanya ditujukan kepada Allah sehingga tergambar akhlaq yang terpuji.
            Atas dasar hubungan itu, maka :
·         Seseorang yang melakukan suatu perbuatan baik, tetapi tidak dilandasi oleh aqidah , maka orang itu termasuk dalam kategori kafir.
·         Seseorang yang mengaku beraqidah, tetapi tidak mau melaksanakan syari’ah, maka orang itu disebut fasik.
·          Seseorang yang mengaku beraqidah dan melaksanakan syari’ah, tetapi dengan landasan aqidah yang tidak lurus, maka orang itu disebut munafik.
v  Seseorang yang melakukan perbuatan baik, tetapi tidak dilandasi aqidah, maka perbuatannya hanya dikategorikan sebagai perbuatan baik. Perbuatan baik adalah perbuatan yang sesuai dengan nilai- nilai kemanusiaan, tetapi belum tentu dipandang benar menurut Allah.
v  Perbuatan baik yang didorong oleh keimanan terhadap Allah sebagai wujud pelaksanaan syari’ah disebut sebagai amal sholeh. Oleh karena itu, dala Al-Qur’an kata amal sholeh selalu diawali dengan kata iman, antar lain dalam QS. An-Nur, ayat 55







“ Allah menjanjikan bagi orang – orang yang beriman di antara kamu dan mengerjakan amal sholeh menjadi pemimpin di bumi sebagaimana Ia telah menjadikan orang- orang dari sebelum mereka (kaum muslimin terdahulu) sebagai pemimpin ; dan mengokohkan bagi mereka agama mereka yang Ia ridhoi bagi mereka ; dan menggantikan mereka dari rasa takut mereka ( dengan rasa ) tenang. Mereka menyembah ( hanya ) kepada-Ku, mereka tidak menserikatkan Aku dengan sesuatu apapun. Dan barang siapa ingkar setelah itu, maka mereka itu adalah orang – orang yang fasik “.

A.    RUANG LINGKUP AKIDAH

1.      Pengertian Akidah
Akidah berasal dari kata                                        yang berarti simpul, ikatan, dan perjanjian yang kokoh dan kuat. Setelah terbentuk menjadi                      berarti kepercayaan atau keyakinan. Kaitan antara                dengan                   adalah bahwa keyakinan itu tersimpul dan tertambat dengan kokoh dalam hati, bersifat mengikat dan mengandung perjanjian. Makna aqidah secara etimologis ini akan lebih jelas apabila dikaitkan dengan pengertian terminologisnya, seperti diungkapkan oleh Hasan Al-Banna dalam Majmu’ar-Rasaail :
“ Aqaid (bentuk jamak dari’aqidah) adalah beberapa perkara yang wajib diyakini kebenarannya oleh hati, mendatangkan ketentraman jiwa, menjadi keyakinan yang tidak tercampur sedikitpun dengan keragu-raguan”.
Dan dikemukakan pula oleh Abu Bakar Al-Jazairi dalam kitap ‘Aqidh al-Mukmin :
“ Aqidah adalah sejumlah kebenaran yang dapat diterima secara mudah oleh manusia secara mudah berdasarkan akal, wahyu (yang didengar) dan fitrah. Kebenaran itu dipatrikan dalam hati, dan ditolak segala sesuatu yang bertentangan dengan kebenaran itu.”
Dari dua pengertian tersebut ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam memahami aqidah secara lebih tepat dan jelas.
1. Setiap manusia memiliki fitrah untuk mengakui kebenaran dengan potensi yang dimilikinya. Indra dan akal digunakan untuk mencari dan menguji kebenaran, sedangkan wahyu manjadi pedoman untuk menentukan mana yang baik dan mana yang buruk. Dalam beraqidah hendaknya manusia menempatkan fungsi masing-masing alat tersebut pada posisi yang sebenarnya. Sejalan dengan hal ini Allah swt. berfirman :




“Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatu pun dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan, dan hati agar kamu bersyukur.” (An-Nahl, 16:78)
Dan firman-Nya :




“…sesungguhnya telah daaing kepadamu cahaya dari Allah dan kitab yang menerangkan. Dengan kitab itulah Allah menunjuki orang-orang yang mengikuti keridaan-Nya ke jalan keselamatan, dan dengan kitab itu pula Allah mengeluarkan orang-orang itu dari gelap gulita kepada cahaya yang terang benderang dengan seizing-Nya, dan menunjuki mereka ke jalan yang lurus.” (Al-Maidah, 5:15-16)

2. Keyakinan itu harus bulat dan penuh, tidak berbaur dengan kesamaran dan keraguan. Oleh karena itu, untuk sampai kepada keyakinan, manusia harus memiliki ilmu sehingga ia dapat menerima kebenaran dengan sepenuh hati setelah mengetahui dalil-dalilnya.
            Allah berfirman :



“Dan agar orang-orang yang telah diberi ilmu meyakini bahwasanya Alquran itulah yang hak dari Tuhanmu lalu mereka beriman dan tunduk hati mereka kepadanya dan sesungguhnya Allah adalah Pemberi Petunjuk bagi orang-orang yang beriman kepada jalan yang lurus”. (Al-Haj, 22:54)

3. Aqidah harus mampu mendatangkan ketentraman jiwa kepada orang yang meyakininya. Untuk itu diperlukan adanya keselarasan antara keyakinan lahiriyah dan batiniah. Pertentangan antara dua hal tersebut akan melahirkan kemunafikan. Sikap munafik ini akan mendatangkan kegelisahan. Alllah swt berfirman :








“Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah dan Allah akan membalas tipuan mereka. Dan apabila mereka berdiri untuk sholatmereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya (dengan shalat) di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka menyebut nama Allah kecuali sedikit sekali. Mereka dalam keadaan ragu-ragu antara yang demikian (iman atau kafir); tidak masuk dalam golongan ini (orang-orang beriman) dan tidak pula kepada golongan itu (orang-orang kafir). Barang siapa yang disesatkan Allah, maka kamu sekali-kali tidak akan mendapat jalan (untuk memberi petunjuk) baginya.” (An-Nisaa’, 4:142-143)

4. Apabila seseorang telah meyakini suatu kebenaran, maka konsekuensinya ia harus sanggup membuang jauh-jauh segala hal yang bertentangan dengan kebenaran yang diyakininya itu.

2.      Istilah Akidah Dalam Alquran
Tidak ada satu ayat pun di dalam Alquran yang secara literal menunjuk pada istilah aqidah. Namun demikian kita dapat menjumpai istilah tersebut dalam kata yang sama (           ) yaitu             , kata ini tercantum pada ayat:






“Bagi tiap-tiap harta peninggalan dari harta yang ditinggalkan ibu bapak dan karib kerabat, Kami jadikan pewaris-pewarisnya. Dan (jika ada) orng-orang yang telah kamu bersumpah setia dengan mereka, maka berikanlah pada mereka bagiannya. Sesungguhnya Allah menyaksikan segala sesuatu”. (An-Nisaa’, 4:33)

3.      Ruang Lingkup Pembahasan Akidah
Menurut Hasan Al-Bana ruang lingkup pembahasan aqidak meliputi:
a.       Ilahiah, yaitu pembahasan tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan ilah (Tuhan), seperti wujud Allah, nama-nama dan sifat-sifat Allah, perbuatan-perbuatan (afa’l) Allah, dan lain-lain.
b.      Nubuwwah, yaitu pembahasan tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan nabi dan rasul, termasuk pembicaraan tentang kitab-kitab Allah, mukjizat, dan sebagainya.
c.       Ruhaniah, yaitu pembahasan tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan alam metafisik, seperti malaikat, jin, iblis, setan, dan ruh.
d.      Sam’iyah, yaitu pembahasan tentang segala sesuatu yang hanya bisa diketahui melalui sami, yakni dalil naqli berupa Alquran dan As-Sunnah, seperti alam barzakh, akhirat, azab kubur dan sebagainya.
Disamping sistematika di atas, pembahasan aqidah bisa juga mengikuti sistematika arkanul iman (rukun iman), yaitu: iman kepada Allah, iman kepada malaikat (termasuk pembahasan tentang makhluk rohani seperti jin, iblis, dan setan), iman kepada hari akhir dan iman kepada qada dan qadar Allah.

B.     IMAN KEPADA ALLAH SWT

Keyakinan kepada Allah YME (tauhid) merupakan titik pusat keimanan, karena itu setiap aktivitas seorang muslim senantiasa dipertautkan secara vertikal kepada Allah swt. Pekerjaan seorang muslim yang dilandasi keimanan dan dimulai dengan niat karena Allah akan mempunyai nilai ibadah di sisi Allah. Sebaliknya pekerjaan yang tidak diniati karena Allah tidak memiliki nilai apa-apa. Islam mengajarkan bahwa iman kepada Allah harus bersih dan murni; menutup setiap celah yang memungkinkan masuknya syirik (mempersekutukan Allah). Masuknya paham-paham yang merusak tauhid menyebabkan orang terjatuh pada syirik. Syirik merupakan dosa besar yang tidak akan diampuni Allah swt.
Tauhid adalah mengiktikadkan bahwa Allah itu Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Iktikad ini harus dihayati, baik dalam niat, amal, maupun dalam maksud dan tujuan. Tauhid mencakup tujuh macam sikap:
a)      Tauhid Zat
Tauhid zat artinya mengiktikadkan bahwa zat Allah itu Esa, tidak berbilang. Zat Allah itu hanya dimilki oleh Allah saja, yang selain-Nya tidak ada yang memilikinya. Manusia yang terdiri dari atom dan molekul tidak diberi pengetahuan tentang zat Allah  
b)      Tauhid Sifat
Tauhid sifat adalah mengiktikadkan bahwa tidak ada sesuatupun yang menyamai sifat Allah, dan hanya Allah saja yang memiliki sifat kesempurnaan.
c)      Tauhid Wujud
Tauhid wujud adalah mengiktikadkan bahwa hanya Allah yang wajib ada. Adanya Allah tidak membutuhkan kepada yang mengadakan.
d)     Tauhid Af’al
Tauhid Af’al adalah mengiktikadkan bahwa Allah sendiri yang mencipta dan memelihara alam semesta. Atas kehendaknya pula sesuatu itu hidup dan mati, kemuliaan dan kehinaan, serta kelapangan dan kesempitab rizki. Allah sendiri yang menetapkan apa yang akan terjadi dan apa yang tidak. Dia pula yang memegang rahasia kapan saat kehancuran alam semesta akan tiba. Maka Allah-lah tempat segala bergantung dan kepada-Nya tempay menyerahkan segala urusan.
e)      Tauhid Ibadah
Tauhid wuibadah adalah mengiktikadkan bahwa hanya Allah saja yang berhak dipuja dan dipuji. Memuja dan memuji selain Allah serta sikap ingin dipuji maupun dipuja, baik yang terang-terangan maupun yang sembunyi-sembunyi (dalam hati) adalah bentuk perbuatan syirik.
f)       Tauhid Qasdi
Tauhid Qasdi adalah mengiktikadkan bahwa hanya kepada Allah-lah segala amal ditujukan. Setiap amal dilakukan secara langsung tanpa perantara dan ditujukan hanya untuk memperoleh keridaannya.
g)      Tauhid Tasyri
Tauhid Tasyri adalah mengiktikadkan bahwa hanya Allah-lah pembuat peraturan (hukum) yang paling sempurna bagi makhluk-Nya. Allah-lah sumber segala hukum.

  1. IMAN KEPADA MALAIKAT
           Allah telah menciptakan sejenis mahluk gaib,yaitu malaikat disamping mahluk lainnya.malaikat diberi tugas-rugas khusus yang ada hubungannya dengan wahyu, rasul, manusia, alam semesta, akhirat disamping malaikat yang diberi tugas untuk melakukan sujud kepada allah.malaikat mempunyai sifat-sifat yang berbeda dengan mahluk lainnya.bahkan menjelma ke alam materi.Hal tersebut  
  
“ sesungguhnya telah dating utusan-utusan kami kepda Ibrahim dengan membawa kabar gembira sambil berkata’selamatlah’ia mnenjawab’selamat.maka tidak lama kemudian Ibrahim menyuguhkan anak sapi yang dipanggang.maka tatkala dilihatnya mereka tidak menjamahnya,Ibrahim memandang aneh perbuatan mereka dan merasa tkut kepada mereka.malaikat berkata:”jangan lah kamu takut…sesungguhnya kami adalah malikat-malikat yang diutus kepada kaum lut”.
Malaikat ini memiliki ciri-ciri diantaranya:
1.      Selalu takut dan patuh kepada allah
2.      Tidak pernah berdosa atau bermaksiat
3.      Tidak sombong dan selalu bertasbih
Adapun tugas –tugas malaikat yaitu:
1.      Manurunkan wahyu (ditugaskan kepada jibril yang diberi gelar ruhul qudus atau ruhuk amin.sesuai wahyu allah pada surat As–Syu’ra,26:193 dan An -Nahl,16:102
2.      Menrunkan wahtu pada abdi-abdi allah yang dikehendakinya.hal ini sesuai dengan firman allah pda surat An -Nahl,,16:2
3.      Meneguhkan hati mukmin atau rasul.seperti pada surat AnfaaL,8:10
4.      Mendoakan kaum muslim,seperti pada surat Al- Mukmin,40:7
5.      Penjaga orang mukmin c(Al- Anfaal,8:9);ali imran,3:125
6.      Melaksanakan hukuman Allah bagi manusia.seperti pada surat Anfaal,8:50
7.      Memohonkan ampunan bagi manusia.hal ini terdapat pada As- Syura,42:5
8.      Membaca shalawat atas nabi Muhammad SAW seperti pada sirat Al-Ahzab,33:56
9.      Mencatat amal manusia,seperti pada surat al infitar,82:10-12
10.  Mencabut nyawa.tercantum pada surat al an’aam,6:61
11.  Member salam dan keselamtan kepada ahli surge.hal ini terantum pada surat ar ra’ad,13:23-24
Selain malaikat allah juga menciptakan mahluk gaib lainnya yaitu jin dan setan.mereka ada yang beriman dan ada pula yang kafir.hal ini tercantum dalam surat al Jin,72:14
Sedangkan setan adalah mahluk ayng allah yang durhaka dan selalu menjerumuskan manusia.dalam laqiuran tercantum dalam surat shad,38:82;al hijr,15:39;taha,20:120;al israa,17:64;al a’raaf,7:16;an nisa’,4:119.                           
Baik jin maupun setan tidak dapat berbuat sesuatu tanpa seizing allah serta kemauan manusia.hal ini yercantun dalam srat irahim,14:22

  1. IMAN KEPADA KITAB SUCI

Iman kepada kitab suci dalam islam merupakan kesatuan yang tak terpisahka dengan iman kepada allah.jal ini tercantum dalam alqur’an syrat al baqarah,2:285
Semua kitab yang yang diturunakn allah dan rasulnyha memuat ajaran yang mengsahkan allah.sedangkan syariatnya berbeda-beda.banyak kita suci yang mengalami perubahan kecuali kitab suci alqur’an.karena alqur’an ini diturunkan untuk merevisi kitab-kitab lainnya.hal ini sesuai dengan firman allah surat al maidah,5:48 dan an nahl,16:64.
Selain itu Al- Qur’an juga memberikan keterangan yang lengkap tentang pokok-pokok agama yang belun jelas.selain itu alqur’an juga menjawab menjawab tantangan terhadap
Ayat-ayat laqr’am ini dibagi dua yaitu:
1.      Ayat muhkamat
Jenis ini mengenai ayat yang jelas dan kokoh.seperti puasa.halal atau haram,dll
2.      Aya mutasyabihat
Mengenai ayat yang samar


  1. IMAN KEPADA PARA RASUL

            Rasul adalah manusia pilihan yang menerima wahyu dari Allah untuk disampaikan kepada umatnya dan sekaligus sebagai contoh konkret pribadi manusia yang baik. Rasul – rasul Allah itu ada yang kisahnya disbutkan dalam Al – Qur’an ada pula yang tidak. Rasul yang disebutka namanya ada 25 orang.




“ Dan (Kami) telah menguus rasul – rasul yang sungguh telah kami kisahkan tantang mereka kepadamu, dan rasul – raul yang tidak yang kami kisahkan kepadamu tentang mereka. Dan Allah telah berbicara kepada Musa dengan langsung”.(An-Nisaa’,4:164) 




“Dan sesungguhnya telah Kami utu beberapa orang rasul sebelum kamu, diantara meeka ada yang Kami ceritakan dan diantara mareka ada yang tidak Kami ceritakan kepdamu”.(Al-Mukmin,40:78)
            Rasul Allah tidak hanya menyampaikan wahyu-wahyu Allah, tetapi juga menunjukkan bagaimana cara mempraktekkan ahyu tersebut dalamkehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, rasul itu diangkat dari salah seorang manusia. Firman Allah :



“Katakanlah:  ‘Seungguhnya aku ini hanyalah seorang manusia seperti kamu, yang diwahyukan kepadaku bahwa sesungguhnya Tuhan kamu itu adalah Tuhan Yang Maha Esa.” (Al-Kahfi, 18:110)
            Perubahan dan perbaikan manusia hanya mungkin dilakukan dan diberi contoh oleh manusia sendiri. Sebab, jika tidak,akan jauh dari realitas kemanusiaan.
Allah SWT. menyediakan bahan – bahan material untuk merawat jasmani manusia dan menyediakan bahan – bahan rohaniah untuk merawat batin atau jiwa manusia. Bahan – bahan rohani itu berbentuk ajaran yang diterunkan Allah sebagai wahyu malalui nabi dan rasul-Nya. Allah swt. mengutus nabi dan rasul terdahulu untuk memperbaiki dan membimbing rohani manusia untuk tempat dan waktu tertentu.
            Karena nabi – nabi dan rasul – rasul terdahulu itu hanya untuk tempat dan waktu tertentu saja, maka ajaran yang dbawanya pun hanya sesuai dan berlaku untuk tempat dan waktu tertentu itu saja. Meskipun hokum – hukum (syariah)nya berbeda – beda, akan tetapi aqidah yang dibawanya sama, yaitu tauhid. Pengurusan nabi dan rasul untuk tiap – tiap umat itu disebutkan dalam Alquran diantaraya :



“Tidak ada satu umat un malainkan telah ada padanya seorang yang tidak ada diantara mereka dahulu yang memberi peringatan.” (Faatir,35:24)
            Setelah para nabi dan rasul membawa syariah yang berlaku setempat dan temporer, Allah mengutus rasul terakhir yang membawa syariah bagi seluruh umat manusia dimanapun dan kapan pun mereka berada.
            Rasul terakhir itu ialah Muhammad saw. yang lahir tahun 53 sebelum Hijriah di Mekah dan wafat tahun 10 H di Madinah. Hal itu dijelaskan oleh Allah dalam Alquran sebagai berikut :



“Dan tidaklah kami mengutus engkau (Muhammad) melainkan untuk seluruh umat manusia.” (Saba’, 34:28)
               Ajaran atau agama yang dibawa oleh Rasulullah Muhammad saw itu disebut dinul Islam sebagaimana dinyatakan sendiri oleh Allah dalam firman-Nya yang terakhir :



“Pada hari ini telah Kusempurnakan untukmu agamamu, dan telah Kucukupkan kepadamu nikmat- Ku dan telah Kuridai Islam sebagai agama bagimu.” (Al-Maidah, 5:3)
               Fiman Allah tersebut menunjukkan bahwa agama Islam itu adalah agama yang sempurna yang tidak perlu lagi penambahan atau pengurangan sehingga tidak perlu ada lagi rasul baru.
               Islam meupakan agama yang terakhir yang berlaku bagi seluruh umat manusia sampai akhir zaman. Firman Allah :




“Muhammad itu sekali – kali bukanlah bapak dari seorang laki – laki diantara kamu,tetapi dia adalah Rasul Allah dan menutup para nabi. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu”.(Al-Ahzab,33:40)











  1. IMAN KEPADA HARI KIAMAT



               Hukum keserbateraturan dan hukum ketidakkekalan merupakan hukum dasar atau sunatullah yang berlaku bagi setiap ciptaan Allah tana kecuali. Di dalam Alquran kedua hukum ini ditemukan pada beberapa ayat yang mejelaskan tentang kejadian dan akhir manusia, bumi serta alam semesta.
               Musnahnya kehidupan secara berangsur – angsur, berhentinya alam semesta mengembang dan akan berkontraksi kembali ke titik awal kejadiannya mrupakan bukti nyata adanya hukum ketiakkekalan yang berlaku bagi setiap ciptaan Allah. Bagi orang yang beriman dan beilmu, kejadian itu merupakan bukti kamahakuasaan Allah dan kefanaan kehidupan duniawi.
               Islam mengajarkan kepada penganutnya bahwa kehdupan yang abadi adalah kehidupan setelah kehidupan setelah ini. Keterangan tentang ini disebutkan dalam firman Allah :



“Takutilah suatu hari yang pad hari itu kamu akan dikembalikan kepada Allah kemudian setiap orang akan dibalasi dengan sempurna segala amal perbuatannya,sedangkan mereka sedikitpn tidak akan dianiaya.” (Al-Baqarah, 2:281)



“Pada terjadinya kiamat (kesudahan manusia di alm semesta)di situ mereka akan berceraiberai. Adapun orang – orang yang beriman dan beramal saleh maka akan tinggal di suatu tempat dalam keadaan bersuka ria. Akan tetapi orang – orang yang kafir dan mendustakan ayat – ayat Kami dan tidak percaya kepada Hari Akhir, maka mereka mendapatkan siksan.” (Ar-Ruum, 30:14-16)
               Dengan memperhatikan firman Allah tersebut di atas, jelaslah bahwa Hari Kiamat itu pasti datang. Kehidupan dunia ini akn dignti dengan kehidupan akhirat yang kekal abadi.

1              Kiamat dan Hari Perhitungan
         Peristiwa kiamat diterangkan dalam Alquran antara lain :



“Bahwasannya saat kiamat itu pasti datang, Aku rahasiakan untuk membri pembalasan kepada setiap diri menurut apa yang diusahakanya.” (Taha, 20:15)
         Gambaran Kiamat yang diberikan Allah dalam Alquran antara lain: bumi hacur,segalaisinya keluar, gunung – gunung menjadi debu,orag tua tidak mempedulian anak – anaknya dan anak – anak tidak mengenal orang tuanya. Firman Allah :




“Hai manusia, bertawakallah kepada Tuhannya, sesungguhnya goncangan pda hari kiamat itu adalah suatu kejadian yang sangat dahsyat. Ingatlah pada hari (ketika) kiamat itu kamu melihat goncangan itu,lalailah semua wanita yang menyusui anaknya dari anak yang disusuinya dan gugurlah kandungan segala wanita yang hamil,dan kamu lihat manusia dalam keadaan mabuk padahal sebenarnya mereka tidak mabuk,tetapi zab Allah sangat kerasnya….” (Al-Hajj,22:1-2)

               Masing –masing manusia mencari keselamatan dirinya sendri. Setelah alam semesta ini hancur, kehidupan dunia berakhir dan dimulailah kehidupan yang kekal abadi dengan segala ketentuan Allah yang berlaku padanya.
               Apabila sur (sangkakala) telah ditiupkan mka semuaumat manusia mulai dari nabi Adam a.s sampai manusia terakhir yang menempati ala mini akan berkumpul untuk diperhitunkan dan di ertanggung jawabkan seluruh perbuatannya dihadapan Allah Yang Maha Adil.



“Dan ditiuplah sangkakala maka mtilah siapa yang aa di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Kemudian sangkakala itusekali lagi mak tiba – tiba mereka berdiri meunggu (putuannya masing - masing)”. (Az-Zumar,39:68)

               Mahkamah Agung Tuhan ini berlangsung dengan seadil – adilnya sehingga tidak ada satupun yang tidak diperlakukan tidak adil. Allah berfirman :


“Dan peliharalah dirimu dari (azab yang terjadi pada)hari yang pada hari itu kamu smua dikembalikan kepada Allah,kemudian dari masing – masing diri diberi balasan yang sempurna terhadap apa yang telah dikerjakannya. Sedangkan mereka sedikitpun tidak dianiaya.” (Al-Baqarah, 2:281)




“Pada hari itu Kami tutup mulut mereka, dan berkatalah kepada Kami tangan – tangan merekadan memberi kesaksian kaki –kaki mereka terhadap apa yang mereka usahakan.” (Yaa-Siin, 36:65)

2              Siksa Neraka
               Manusia yang mengingkari kebenaran Allah akan menjalani masa yang panjang dalam siksaan yag tak terkiraan pedihya. Siksa itu diterimanya bukanlah karena Allah tidak sayang kepadanya, melainkan karena ia sendirilah yang tidak sayang kepada dirinya. Gambaran tentang siksa itu telah disampaikan Allah dalam Alquran, beberapa diantaranya :




“Pada hari ini tiap – tiap jiwa diberi balasan dengan apa yang diusahakanya. Tidak ada yang dirugikan ada hari ini. Sesungghnya Allah amat cepat hisabnya.” (Al-Mukmin, 40:17)





“….skali – kali tidak! Sesungguhnya dia benar – benar akan dilemparkan kedalm hutamah. Dan tahukah kamu apa hutamah itu? (yaitu) api (yamh disediakan) Allah yang dinyalakan,yang membakar sampike hati.” (Al-Humazah, 104:4-7)




“Dalam siksaan angina yang sangat panas dan air yang panas mendidih, dan dalam naungan asap yang hitam. Tidak sejuk dan tidak menyenangkan.” (Al-waaqiah, 56:42-44)

3              Kenikmatan Surga
         Kaum muslimin ahli surga digambarkan Allah sebagai “golongan kanan”,yang menikmati pahal surga sebagai balasan ketakwannyaketika hidup di dunia. Allah berfirman :



“Dan golongan kanan,alangkah bahgianya golongan kanan itu. Berada di antara pohon bidara yang tidk berduri, dan pohon yang tidak bersusun – susun (buahnya), dan naungan yang terbentang luas, dan air yang tercurah, dan buah – buahan yang banyak, yang tidak berhenti (buahnya) dan tidak terlarang mengambilnya,dan kasur – kasur yang empuk.” (Al – Waaqiah,56:27-34)

         Lukisan tentang kenikmatan surga dan kepedihn siksa neraka berulang – ulang disampaikan oleh Allah dalam Alquran maupun oleh Rasulullah saw. dalam haditsnya. Orang – orag yang betul – betul beriman kepada Hari Akhirat dengan pahala (surga) dan siksanya(neraka) pasti akan berlomba – lomba untuk berbuat kebajkan dan sebaliknya akan berpikir seribu kali sebelum ia berbuat maksiat. Maka iman kepada Hari Akhirat akan memberikan dampak positif  kepada tata kehidupan manusia.

  1. IMAN KEPADA QODHO DAN QODAR

Qada menurut bahasa berarti hukum, perintah, memberikan, menghendaki, menjadi. Sedang qadar berarti batasan, menetapkan ukuran. Atau secara sederhana dapat diartikan bahwa qada adalah ketetapan Allah yang telah ditetapkan (tetapi tidak diketahui), sedang qadar ialah ketetapan Allah yang telah terbukti (diketahui sudah terjadi).
Dalam alquran kita dapatkan dua kelompok ayat yang seolah – olah bertentangan. Satu kelompok menyatakan bahwa manusia itu pasif dan tidak perlu usaha, sebaliknya ada pula kelompok ayat yang menunjukkan bahwa manusia itu kreatif dan wajib berikhtiar. Kedua kelompok ayat tersebut bila dikaji lebih lanjut ternyata mempunyai titik temu, yaitu bahwa Allah SWT. Menjadikan alam semesta beserta isinya ini dilengkapi dengan undang – undang yang disebut sunatullah, yang tetap tidak berubah – ubah.
Setiap muslim wajib menyakini bahwa Allah SWT. Maha kuasa serta memiliki wewenang penuh untuk menurunkan ketentuan apa saja bagi makhluk-Nya. Qada Allah telah berlaku, sejak manusia masih berada dalam rahim ibunya.
Jadi, ada dua faktor yang menyertai manusia, yaitu qada dan qadar Allah. Keberhasilan amal seseorang hanya mungkin bila yang diikhtiarkannya cocok dengan qada dan qadar Allah SWT.

  1. MANFAAT BERIMAN

Sebagian manusia ada yang tidak percaya akan adanya sesuatu yang tidak dapat meraka indra. Sebagian lagi ada yang berpendirian bahwa meraka hanya dapat menerima kebenaran sesuatu, bila hal itu masuk akal. Orang – orang seperti ini hanya mempergunakan akalnya untuk menerima sesuatu. Tanpa kepercayaan, hidup ini akan sangat sulit dan repot.
Dalam kehidupan dunia ini manusia selalu berhadapan dengan masalah. Untuk menghadapi kehidupan tersebut, manusia memerlukan tempat berpijak berupa  iman. Apabila iman sudah menjadi landasan hidupnya, maka ia akan mampu menguasai keadaan yang dihadapinya, dan bujan keadaan yang menguasainya. Manfaat dan pengaruh iman pada kehidupan manusia, yaitu :
1.      Iman melenyapkan kepercayaan kepada kekuasaan benda
     Orang yang beriman hanya percaya kepada kekuatan dan kekuasaan Allah. Kalau Allah hendak memberikan pertolongannya, maka tidak ada satu kekuatanpun yang dapat mencegahnya. Kepercayaan dan keyakinan yang demikian menghilangkan sifat mendewakan manusia. Pegangan orang yang beriman dalam hal ini, adalah firman Allah surat Al – fatihah, ayat 1 – 7.
2.      Iman menanamkan semangat berani menghadapi maut.
Takut menghadapi maut menyebabkan manusia menjadi pengecut. Orang yang beriman yakin sepenuhnya mengenai soal hidup dan mati.
3.      Iman menanamkan sikap self help dalam kehidupan
Rejeki atau mata pencaharian memegang peranan penting dalam kehidupan manusia. Kadang – kadang manusia nekat menjual diri demi kepentingan materi. Orang beriman harus yakin kepada Allah SWT atas rejekinya.
4.      Iman memberikan ketentraman jiwa
Acapkali manusia dilanda resah dan duka cita, digoncang oleh keraguan dan kebimbangan. Orang yang beriman mempunyai keseimbangan, hatinya tentram, jiwanya tenang.
5.      Iman mewujudkan kehidupan yang baik ihayatan gayibah
Kehidupan manusia yang baik ialah kehidupan orang – orang yang selalu melakukan kebaikan, mengerjakan akan perbuatan – perbuatan yang baik.
6.      Iman melahirkan sikap ikhlas dan konsekuen
Iman memberikan pengaruh bagi seseorang untuk selalu berbuat dengan ikhlas, tanpa pamrih, kecuali keridaan Allah. Orang yang beriman akan senantiasa konsekuen dengan apa yang telah diikrarkannya, baik dengan lidahnya maupun dengan hatinya.


7.      Iman memberikan keberuntungan
Orang yang beriman akan selalu berjalan pada arah yang benar karena Allah membimbing dan mengarahkannya kepada tujuan hidup yang hakiki. Dengan demikian orang yang beriman adalah orang yang beruntung dalam hidupnya.











DAFTAR PUSTAKA

Azyumardi, dkk. 2002. Buku teks Pendidikan Agama Islam Pada Perguruan Tinggi. Jakarta: Direktorat Perguruan Tinggi Agama Islam Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama RI.